Box Layout

HTML Layout
Backgroud Images
Backgroud Pattern
logo
  • Alamat

    Jl Kauman No.1 Pecangaan Jepara

  • e-mail

    smkw9@yahoo.com

  • Telp

    (0219) 7510124

single-event-img-1

Kata Sambutan


Assalaamu'alaikum Wr. Wb.

Puji syukur Alhamdulillah kepada Allah SWT, yang telah memberikan taufiq, hidayah dan inayah-Nya kepada kita semua, Amiin. Sholawat dan salam dihaturkan kepada Nabi Muhammad SAW, yang senantiasa kita nantikan syafa’atnya kelak di hari akhir. Semoga kita digolongkan dalam barisan orang – orang yang mendapatkan syafa’atnya, Amiin.

Seperti kita ketahui bersama, bahwa pada tahun ini bangsa Indonesia bahkan dunia sedang diuji dengan wabah pandemi Covid-19 yang sangat mempengaruhi berbagai sendi kehidupan, terutama kegiatan perekonomian dan Pendidikan. Sampai dengan saat ini, wabah ini pun belum ada tanda usai, termasuk di wilayah Jepara juga mengalami hal yang sama. Meski pemerintah saat ini tengah melakukan langkah taktis dengan melaksanakan gerakan vaksinasi secara nasional, kita semua tentu tidak boleh terlena dan harus tetap selalu waspada terhadap kemungkinan penyebaran virus tersebut, dengan cara; (1) memakai masker, (2) menjaga kesehatan dengan membiasakan mencuci tangan dengan sabun/ hand sanitizer, (3) menjaga jarak (physical distancing) dan (4) menghindari kerumunan.

Sampai saat ini, Proses Pembelajaran di sekolah, termasuk SMK Walisongo Pecangaan masih menggunakan cara daring (dalam jaringan)/Online, baik itu menggunakan Google Classroom, Zoom Meeting, Whatsapp Group, dan media online lainnya dengan maksud mengefektifkan tercapainya tujuan pembelajaran. Tidak terasa, Kegiatan Pembelajaran TP. 2020/2021 akan segera usai dan proses pendaftaran peserta didik baru pun akan dimulai kembali. Seluruh kegiatan yang berkaitan dengan sekolah, termasuk proses PPDB TP. 2021/2022 masih harus menggunakan protokoler pencegahan covid-19 sebagaimana himbauan pemerintah. Oleh karena itu, bagi calon peserta didik baru yang akan mendaftarkan diri secara offline atau hadir langsung ke SMK Walisongo Pecangaan dihimbau untuk mematuhi protokoler kesehatan sebagaimana tersebut diatas.

Saat ini, Lulusan SMP/MTs/sederajat sudah harus mulai menentukan pilihan sekolah lanjutan yang dikehendaki, yang tentunya sesuai minat dan kemampuan yang dimiliki. Banyak pilihan yang diberikan oleh lembaga pendidikan, mulai dari MA, SMA dan terlebih SMK, dimana keseluruhan lembaga tersebut menawarkan kelebihan /unggulan yang dimiliki. Berbagai cara dalam memberikan informasi secara beragam, mulai dari pemasangan baliho, spanduk, pataka, pamflet dan yang paling popular saat ini melalui media sosial, baik itu facebook, twitter, instagram, website maupun whatsapp maupun Channel Youtube. Seluruhnya memiliki maksud dan tujuan agar informasi yang disampaikan tepat sasaran, efektif dan efisien.

SMK Walisongo Pecangaan Jepara, telah membuka Pendaftaran Peserta Didik Baru untuk Tahun Pelajaran 2021/2022 sejak awal Februari 2021 yang lalu, dengan kompetensi keahlian yang dibuka; (1) Kriya Kreatif Batik dan Tekstil, (2) Teknik Kendaraan Ringan Otomotif, (3) Teknik Komputer dan Jaringan, (4) Perbankan Syariah. Menjatuhkan pilihan di SMK Walisongo Pecangaan Jepara sebagai pilihan utama dinilai keputusan tepat, pasalnya di lembaga ini terdapat banyak keunggulan yang dimiliki, sebagaimana tersirat dalam slogannya “SMART”, yaitu Santun, Mandiri, Cerdas, Religius dan Trampil. Untuk mengimplementasikan itu, SMK Walisongo Pecangaan Jepara menyusun 5 (lima) langkah program strategis, yaitu; (1) revitalisasi kurikulum berbasis industri dan pengembangan sistem penilaian berbasis LSP, (2) pengembangan karakter peserta didik berbasis Pesantren dan budaya industri, (3) pemenuhan sarpras standar industri, (4) peningkatan kualitas dan upgrade pendidik dan tenaga kependidikan standar industri, (5) pengembangan hubungan industri dan dunia kerja.

Seperti kita ketahui bersama, output tamatan SMK selain bekerja juga bisa kuliah dan berwirausaha.  SMK Walisongo Pecangaan berusaha mengoptimalkan pelaksanaan Kelas industri dan kelas wirausaha, dalam rangka memberikan fasilitasi secara intensif kepada peserta didik untuk mengembangkan potensinya sesuai bakat dan minat serta kebutuhan masyarakat, dunia usaha/dunia industri. Kompetensi keahlian Teknik Kendaraan Ringan Otomotif (kerjasama dengan PT. Surya Indah Motor, Toyota) dan Teknik Komputer dan Jaringan (kerjasama dengan PT.Telkom Jepara) yang menjadi percontohan awal untuk pembukaan kelas industri tersebut. Sedangkan untuk kompetensi keahlian Kriya Kreatif Batik dan Tekstil serta Perbankan Syariah menjadi percontohan awal untuk kelas wirausaha.

Pada tahun pelajaran 2021/20212 ini, SMK Walisongo Pecangaan mentargetkan penerimaan peserta didik baru sebanyak 8 (delapan) rombel, dengan jumlah pendaftar sebanyak 280 calon peserta didik baru, dengan rincian; (1) KKBT, 1 rombel, (2) TKR-O, 3 rombel, (3) TKJ, 2 rombel dan (4) PBS, 2 rombel. Jumlah ini bukan tanpa alasan, pasalnya rata-rata jumlah pendaftar di SMK Walisongo Pecangaan rata-rata 8 rombel tiap tahunnya. Semoga target yang telah direncanakan bisa tercapai sampai dengan ditutup pendaftaran hingga 10 Juli 2021 ini.

Selanjutnya, perlu kami sampaikan bahwa Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) merupakan tahap awal kegiatan yang wajib diikuti oleh calon peserta didik, dengan maksud dan tujuan mengenalkan calon peserta didik terhadap profil sekolahmya dan sekaligus tata cara mengikuti kegiatan pembelajaran di SMK Walisongo Pecangaan secara keseluruhan. Adapun pelaksanaan MPLS dilaksanakan pada minggu pertama awal masuk TP. 2021/2022. Selain itu, dalam rangka membekali peserta didik baru, khususnya pembiasaan ubudiyahnya, sekolah telah menyiapkan program matrikulasi dengan materi; Baca Tulis Alquran (BTA), kaifiyah sholat maktubah, sholat dhuha, dan lain-lain.

Dan akhirnya, kami berharap semoga peserta didik baru dapat mengikuti pembelajaran di SMK Walisongo Pecangaan dengan lancar, nyaman dan aman serta nantinya diberikan ilmu yang bermanfaat, baik untuk diri pribadi, keluarga, masyarakat, agama, nusa bangsa dan Negara. Amiin.

Wassalaamu'alaikum Wr. Wb.

Pecangaan, 1 Februari 2021

Kepala Sekolah,

 

ARDANA HIMAWAN, ST

A PHP Error was encountered

Severity: Core Warning

Message: Module 'pgsql' already loaded

Filename: Unknown

Line Number: 0

Backtrace: