A PHP Error was encountered

Severity: Warning

Message: Division by zero

Filename: public/Readmore.php

Line Number: 37

Backtrace:

File: /home/smkw9jep/web/smkw9jepara.sch.id/public_html/application/controllers/public/Readmore.php
Line: 37
Function: _error_handler

File: /home/smkw9jep/web/smkw9jepara.sch.id/public_html/index.php
Line: 315
Function: require_once

Sejarah SMK Walisongo Pecangaan | SMK Walisongo Pecangaan

SMK Walisongo Pecangaan

Jl. Kauman No. 1 Pecangaan Jepara

Sekolah Berbasis Pesantren dan Entrepreneur

Sejarah SMK Walisongo Pecangaan

Rabu, 27 September 2017 ~ Oleh Ahmad Sholihul ~ Dilihat 1940 Kali

 

Yayasan Walisongo Pecangaan berdiri secara legal formal pada hari Jum'at tanggal 15 Februari 1980 dengan Akte Notaris J. Moeljani No. 100.

Maksud dan tujuan didirikannya Yayasan Walisongo adalah mengembangkan dan mengamalkan ajaran-ajaran Islam berdasarkan ahli sunnah wal jamaah. Untuk mencapai maksud dan tujuan tersebut, maka Yayasan Walisongo  berusaha mengadakan dan menyelenggarakan pendidikan-pendidikan, dakwah-dakwah dan kegiatan sosial.

Sampai saat ini Yayasan Walisongo Pecangaan telah membuka dan mengelola lembaga-lembaga pendidikan dan lembaga sosial yaitu : Madrasah Diniyah Awwaliyah, Wustho, Ulya, Madrasah Tsanawiyah, Madrasah Aliyah, SMP, SMA, SMK, Balai Pengobatan, KBIH, dan Pondok Pesantren Tahfidzul Qur'an.  

Berdasarkan penyelenggaraanya, SMK Walisongo merupakan lembaga pendidikan termuda di bawah naungan Yayasan Walisongo Pecangaan Jepara. Keberadaan SMK Walisongo adalah upaya pengembangan di bidang pendidikan dari Yayasan Walisongo melalui lembaga Pendidikan Madrasah Aliyah, sehingga nama lembaga tersebut pada awalnya adalah SMK Kelas Jauh di MA Walisongo.

SMK Kelas Jauh di MA Walisongo mulai menyelenggarakan kegiatan pendidikan dan diklat pada tahun pelajaran 2004/2005 dengan Program keahlian Kria Tekstil, berdasarkan Surat Kesepakatan bersama pembukaan SMK Kelas Jauh antara Madrasah Aliyah Walisongo dengan SMK Negeri 2 Jepara yang ditandatangani pada tanggal 12 Juni 2004. Surat Kesepakatan tersebut dikuatkan dengan Surat Keputusan Kepala Dinas P dan K Kabupaten Jepara No. 421.5/00171 tentang Penunjukan SMK Negeri 2 Jepara menjadi SMK Induk Bagi SMK Kelas Jauh di MA Walisongo Pecangaan.

Satu tahun kemudian SMK kelas jauh di MA Walisongo mulai berkembang dengan membuka program keahlian baru yaitu Teknik Mekanik Otomotif. Seiring perkembangannya, pada tahun ke–3 (tahun 2007/2008) SMK Kelas Jauh di MA Walisongo mengajukan ijin operasional mandiri ke Bupati Jepara. Alhamdulillah dengan Rahmat Allah dan perjuangan semua stake holder sekolah pada tanggal 26 Juli 2007 SMK Kelas Jauh di MA Walisongo mendapat ijin operasional mandiri dengan nomor surat 421.4/3290. Dengan demikian, SMK Kelas Jauh di MA Walisongo resmi menjadi lembaga/unit mandiri dengan nama SMK Walisongo Pecangaan Jepara

Pada awal tahun pelajaran 2008/2009 SMK Walisongo melaksanakan akreditasi yang diselenggarakan oleh Badan Akreditasi Sekolah/Madrasah pada tanggal 27 sampai 30 Agustus 2009. Hasil Akreditasi adalah Baik (B) untuk semua Program Keahlian baik Kria Tekstil maupun Teknik Mekanik Otomotif. Selanjutnya, tahun 2010/2011 sekolah membuka program keahlian baru, yaitu program keahlian Teknik Komputer dan Jaringan.

Pada Tahun Pelajaran 2011/2012 SMK Walisongo Pecangaan menerapkan sistem manajemen mutu ISO: 9001:2008 sebagai komitmen untuk meningkatkan mutu pendidikan sekolah dengan menerapkan manajemen pendidikan yang baik. Sebagai wujud pengembangan sekolah maka Tahun Pelajaran 2014/2015 sekolah membuka kompetensi keahlian yang terbaru yaitu kompetensi keahlian Perbankan Syariah. Dan pada tahun yang sama SMK Walisongo Pecangaan melaksanakan akreditasi untuk yang kedua kalinya dengan mendapatkan nilai Sangat Baik (A).

 

KOMENTARI TULISAN INI

...

Ardana Himawan,S.T

Assalaamu'alaikum Wr. Wb. Puji syukur kehadirat Allah SWT bil qauli Alhamdulillah Wasyukru Alaa Ni'amillah yang telah memberikan Taufiq, Hidayah dan…

Selengkapnya